Rabu, 09 November 2011

MATERI TENTANG SHALAT

"BISSMILLAKIRRAHMANIRRAHIM"
Segala puji hanya milik Allah Swt.Yang Alhamdulillah pada kesempatan ini saya akan membahas beberapa hal mengenai Shalat;
Dalam Islam Shalat Adalah Ibadah Yang paling poko Dari ibadah-ibadah yang lain.
Allah Swt Berfirman:
Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.(Qs.Thaahaa:20:14)

Dengan ayat yang di atas coba kita renungkan seandainya; bagaiman kita bisa mengingat Allah Jikalau kita sering meninggalkan shalat, Maka Dengan Shalat inilah kita Bisa mengingat Allah Swt.
Bahkan shalat Bisa menjadi pembeda antara orang kafir dan orang muslim.
Sebagiman Sabda Rasulullah Saw:
"Yang membedakan Antara orang mu'min dengan orang Kafir ialah shalat." (Hr. I.Muslim & I.Ahmad)
Jelas kita pahami dalam hadits ini.
Bahkan shalat itu harus bisa menjadi Benteng bagi kita Dalam kehidupan ini
Sebagaimana Firman Allah Swt:
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Qs. Alankabuut 29:45)

waista'iinuu bialshshabri waalshshalaati wa-innahaa lakabiiratun illaa 'alaa alkhaasyi'iina

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (Qs. Al-Baqarah.2:45)

fa-in taabuu wa-aqaamuu alshshalaata waaatawuu alzzakaata fa-ikhwaanukum fii alddiini wanufashshilu al-aayaati liqawmin ya'lamuuna

Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui. (Qs. Ataubah. 9:11)


fa-idzaa qadhaytumu alshshalaata faudzkuruu allaaha qiyaaman waqu'uudan wa'alaa junuubikum fa-idzaa ithma/nantum fa-aqiimuu alshshalaata inna alshshalaata kaanat 'alaa almu/miniina kitaaban mawquutaan

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.  (Qs. An nissa.4:103)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar